Minggu, 11 Maret 2018

Mengenal Rumah Kopassus yang Anti Gempa

Mengenal Rumah Kopassus yang Anti Gempa

PT Conwood Indonesia bekerja sama dengan Group 1 Kopassus mengembangkan Rumah Conwood.

Rumah yang diklaim tahan gempa hingga kekuatan Magnitudo 6,5 ini telah dibangun di Markas Komando Group 1 Kopassus, Serang, Banten.

Lantas, seperti apa bentuk bangunan rumah tersebut?

Kompas.com berkesempatan melihat langsung rumah yang telah rampung dibangun sejak sebulan lalu itu, Selasa (6/3/2018). Sebenarnya, cetakan rumah yang ditawarkan Conwood adalah untuk hunian tipe 36.

Area ruang tamu dan ruang makan yang dipisahkan dengan kursi.Kompas.com / Dani Prabowo Area ruang tamu dan ruang makan yang dipisahkan dengan kursi.

Namun, secara khusus anak usaha dari Siam City Cement Group (SCCG), mendesain hunian bagi Kopassus itu dengan tipe 45. Hal ini untuk menyesuaikan dengan bentuk hunian lain dengan tipe yang sama di Mako Group 1 Kopassus.
Terbuat dari bahan 70 persen semen dan 30 persen serat selulosa, bangunan itu dilengkapi dua kamar tidur.

Kamar tidur utama yang berada di sisi depan berukuran sedikit luas dibandingkan kamar kedua yang terletak tepat di sampingnya.

Ruang tidur utama yang berada di bagian depan.Kompas.com / Dani Prabowo Ruang tidur utama yang berada di bagian depan.

Selain itu, juga terdapat ruang tamu yang bisa difungsikan sebagai ruang keluarga. Area ruang makan hanya dipisahkan kursi dan sofa.
Sementara itu, posisi dapur terpisah dari ruang utama, tepatnya berada di sisi belakang. Demikian halnya untuk toilet yang berada di luar area hunian utama.

Wakil Komandan Batalyon 11 Group 1 Kopassus Mayor Infanteri M Syaifuddin Fanany mengatakan, rumah ini diperuntukkan bagi anggota Kopassus yang hendak menikah.

Sementara, anggota yang masih lajang, baru diperbolehkan tinggal di barak selama bertugas.

Ruang tamu serta dua kamar tidur.Kompas.com / Dani Prabowo Ruang tamu serta dua kamar tidur.

"Sudah ditentukan yaitu yang sudah akan mengajukan menikah. Bukan bujangan lagi, karena bujangan akan tinggal di barak," kata dia menjawab pertanyaan Kompas.com.
Untuk di area Mako Kopassus sendiri, ia menambahkan, hanya ada satu rumah yang dibangun. Namun sebenarnya rumah ini merupakan rumah contoh bila ada anggota yang ingin memiliki rumah dengan spesifikasi yang sama.

PT Conwood Indonesia telah bekerja sama dengan PT Zaneterra Star International dalam mengembangkan Rumah Conwood di Serang.

Untuk sementara, Zaneterra yang juga merupakan pengembang telah menyediakan lahan seluas 60 hektar di Ciruas, Serang, untuk dibangun Rumah Conwood.

Toilet yang terpisah dari bangunan utama. Kompas.com / Dani Prabowo Toilet yang terpisah dari bangunan utama.

"Secara garis besar, harganya itu Rp 1,85 juta per meter persegi. Itu belum termasuk biaya pemasangan dan lain-lain termasuk pengiriman," kata General Manager Sales PT Conwood Indonesia Deden Sarjana.
Selain tahan gempa, Deden menambahkan, rumah ini juga tahan terhadap api serta rayap. Hal itu telah dibuktikan dari proses uji coba di pabrik mereka di kawasan Jababeka.

Saat dicoba dibakar, hanya kaca yang pecah serta beberapa tembok yang terlihat gosong. Sementara bangunan tetap berdiri kokoh.

0 komentar:

Posting Komentar